Jumat, 15 Juli 2016

Susu Kedelai Untuk Diet, Efektifkah?

Tips Diet Sehat Dengan Susu Kedelai


Susu kacang adalah salah satu minuman sehat yang cukup popular di Indonesia. Banyak juga yang menjadikan susu kedelai ini sebagai susu pengganti susu sapi. Meminum susu kacang jika dibandingkan dengan susu sapi dapat memenuhi nutrisi seimbang untuk tubuh tanpa khawatir akan kolestrol. Susu kacang adalah minuman yang cocok bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi, kolestrol dan penyakit jantung. Menambahkan susu kacang sebagai salah satu menu diet sehat anda akan membantu menekan rasa lapar dan membantu metabolisme tubuh. Lalu seberapa efektif susu kedelai ini sebagai menu diet?


Apa Saja Kandungan Susu Kedelai ?

Mungkin anda sudah tahu bahwa susu kedelai tinggi akan protein yang bahkan bisa menggantikan susu sapi bagi penderita autism. Namun tahukah anda zat apa saja yang terdapat di dalam susu kedelai ini? Selain protein susu kedelai juga memiliki vitamin B, potassium, seng, asam lemak omega 3 dan lain sebagainya, itu yang membuat susu kedelai sangat baik karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.


Lalu Apa Benar Susu Kedelai Dapat Digunakan Untuk Diet?

Menurut Mayo Clinic, kandungan protein yang terdapat dalam susu kedelai dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan gula dan kalori yang sedikit sangat menguntungkan untuk digunakan sebagai menu diet. Satu gelas susu kedelai mengandung kurang lebih 80 kalori, jumlah ini bahkan jauh lebih kecil daripada susu skim. Segelas susu kedelai juga mengandung serat yang mampu memenuhi 12% kebutuhan serat kita. Kandungan fitosterol dan saponin yang terdapat di dalam susu kedelai berguna untuk mengahalau lemak. Segelas susu kedelai juga mengandung 30% riboflavin dan 50% vitamin B12. Kedua vitamin tersebut sangat baik untuk metabolisme dan mengurangi lemak. Kandungan isoflavon juga dapat membantu melembutkan kulit.


Bagaimana Cara Diet Dengan Susu Kedelai?

Minumlah segelas (200ml) susu kedelai sebelum makan, lalu makan seperti biasanya. Selain masalah waktu konsumsinya anda bisa dengan bebas mengonsumsi menu makanan seperti biasanya. Pilih jenis susu kedelai Pure Soy Milk, Enriched soy milk atau minuman berbahan dasar kedelai. Untuk hasil yang maksimal, minumlah susu kedelai murni (pure soy milk). Tapi jika anda kurang menyukai cita rasa susu kedelai murni, anda bisa mencoba minuman lain yang mengandung kedelai.


Hindari Minum Terlalu Banyak

Kedelai mengandung fitostrogen yang cocok untuk wanita yang sudah menopause. Dilansir dari livestrong dan sfgate, bagaimanapun, konsumsi kedelai untuk wanita yang belum menopause justru harus dibatasi karena dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Jika ingin menjadikan susu kedelai sebagai menu diet, ada baiknya anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda.

--RAT-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar