Rabu, 13 Juli 2016

Manfaat Utama Susu Kedelai Bagi Kesehatan

Sehat dengan Susu Kedelai


Jika bicara soal susu pasti yang terbayang adalah sapi, hewan penghasil susu yang berbadan besar. Namun susu tidak hanya bisa di dapat dari sapi, untuk anda yang vegetarian bisa mengonsumsi susu kedelai sebagai alternatif protein susu. Rasa dari susu kedelai sendiri tentunya tidak kalah lezat dibandingkan dengan jenis susu sapi yang tinggi lemak. Sebaliknya, susu kedelai justru mengandung lebih sedikit lemak. Bagi anda yang gemar mengonsumsi susu, ada baiknya jika anda mencoba membuat susu kedelai sendiri, mengingat produk susu yang ada di pasaran umumnya menggunakan bahan pengawet sebagai bahan tambahan.


Jika anda adalah penggemar susu kedelai, mungkin anda perlu tau zat apa saja yang terkandung di dalam segelas susu kedelai. Di antaranya adalah :
  •           Karbohidrat
  •           Serat
  •           Vitamin E, K dan B12
  •           Lemak Essensial
  •           Asam Amino (Lisin)
  •           Protein
  •           Mineral
  •           Kalsium
  •           Zat besi
  •           Riboflavin


Setelah mengetahui kandungan zat yang ada di dalamnya mungkin anda sudah bisa mengetahui apa saja manfaat dan kegunaan dari susu kedelai ini. Diantaranya :

1.       Menurunkan Kolestrol


Berbeda dengan susu sapi yang memiliki lemak jenuh yang tinggi, lemak susu kedelai sebagian besar tak jenuh serta non kolesterol. Asam lemak tak jenuh tunggak dan ganda yang terkandung dalam kedelai dapat menghambat pengangkutan kolesterol ke aliran darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan kedelai secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

2.       Mencegah Osteoporosis


Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh bertambahnya usia dan kekurangan hormon. Fitoestrogen dalam kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis. Untuk manfaat maksimal, pastikan untuk membeli susu kedelai yang diperkaya dengan kalsium tambahan dan vitamin D.

3.       Mencegah Kanker Prostat


Susu kedelai memiliki kandungan yang kaya akan phytoestrogen. Phytoestrogen merupakan hormon tanaman yang dapat menghambat produksi hormon testosteron pada pria. Kadar testosteron dapat berkurang secara signifikan yang kemudian dapat mengurangi risiko kanker prostat. Penelitian telah membuktikan bahwasannya pria yang sering mengkonsumsi kedelai secara rutin memiliki risiko yang lebih kecil terserang kanker prostat. 

4.       Menjaga Kesehatan Jantung (Kardiovaskular)


Penyakit jantung merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh seorang pria. MayoClinic.com (portal kesehatan dunia) merekomendasikan untuk melakukan diet rendah lemak jenuh dan sodium serta tinggi protein untuk mencegah masalah kardiovaskular. 1 cangkir susu kedelai mengandung 3.6 gram lemak, 6.3 gram protein, 104 kalori dan hanya 0,5 gram lemak jenuh. Selain rendah kalori, lemak, dan tinggi protein, rasio lemak jenuh dan tak jenuh susu kedelai dapat memantu tekanan darah tinggi dan kolesterol.

5.       Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Kandungan seimbang antara lemak jenuh dan tak jenuh adalah salah satu komponen yang dapat membantu dalam mengatur menyeimbangkan tekanan darah tinggi. Selain itu kandungan vitamin E, asam folat dan B6 mampu mencegah terjadinya penyakit jantung. Tekanan darah tinggi juga dapat diminimalisir dengan kandungan magnesium pada susu kedelai.

6.       Membantu Penderita Autisme


Manfaat susu kedelai yang belum banyak diketahui orang adalah susu kedelai dapat membantu penderita autisme. Autisme merupakan gangguan perkembangan yang terjadi pada anak di mana anak tidak mampu berinteraksi sosial dan seolah-olah memiliki dunia sendiri. Selain membutuhkan terapi penyembuhan, penderita autism juga disarankan menghindari makanan yang mengandung protein susu (kasein) dan protein tepung (glutein). Selain sulit dicerna, kasein dan glutein juga dapat menyebabkan gangguan fungsi otak sehingga menjadikan penderita autisme semakin hiperaktif. Penderita autisme disarankan mengonsumsi susu kedelai sebagai pengganti susu sapi agar tetap mendapat protein, vitamin dan mineral tanpa merasakan efek samping merugikan.

7.       Mengurangi Resiko Diabetes


Protein nabati pada susu kedelai dapat lebih mudah diolah oleh ginjal penderita diabetes, dibandingkan dengan protein hewani seperti susu sapi. Susu kedelai mengandung dua zat gizi mikro yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan diabetes tipe 2: magnesium dan vitamin D. Meskipun zat ini bukan untuk pengobatan diabetes tipe 2, orang-orang yang memiliki nutrisi rendah terhadap dua zat ini memiliki risiko lebih besar terkena diabetes tipe 2. Satu cangkir penyajian susu kedelai dapat mencegah terjadinya kasus ini karena mengandung8,6 persen dari magnesium dan 18 persen vitamin D. Selain itu, susu kedelai adalah makanan yang aman bagi penderita diabetes tipe 2.

8.       Baik untuk Diet


Kandungan kalori yang terdapat dalam susu kedelai cukup rendah yaitu hanya sekitar 45 kalori dari setiap 100ml susu kedelai. Bagi Anda yang sedang berdiet, tentu ini merupakan salah satu pilihan yang cocok untuk minum susu kedelai karena mengandung kalori yang rendah. Selain itu, susu kedelai juga bebas dari lemak. 

itulah tadi manfaat dari susu kedelai untuk kesehatan. namun hati-hati bagi anda para perempuan yang masih muda agar tidak terlalu sering mengonsumsi susu kedelai, sebab kandungan Fitoestrogen dalam kedelai dapat meningkatkan resiko kanker payudara.

-RAT-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar