Selasa, 28 Juni 2016

Kiat Sukses Bisnis Minuman

Tips dan Trik memulai Bisnis Minuman


Bisnis kuliner merupakan ladang usaha yang paling menjanjikan bagi para pelaku bisnis. Selain selalu dicari orang, bisnis kuliner juga menjanjikan keuntungan yang besar bagi pemiliknya. Berawal dari usaha rumahan beberapa pengusaha pada akhirnya menuai kesuksesan hingga bisa memiliki kedai sendiri. Namun tak jarang juga pengusaha yang pada akhirnya justru jatuh pada kesengsaraan karena usahanya yang bangkrut. Memang, selain keyakinan dan kegigihan, banyak hal lain juga yang harus diperhatikan oleh para pelaku usaha dalam menjalankan bisnis. Perhitungan yang matang juga dibutuhkan agar bisnis dapat berjalan dengan lancar dan menuai keuntungan, tidak melulu kerugian. Bisnis minuman merupakan salah satu lahan bisnis yang paling menjanjikan dari semua jenis usaha dibidang kuliner. Selain modalnya lebih ringan, hasil yang didapat juga terbilang menguntungkan




Bagi anda yang baru saja memulai usaha kuliner terutama dalam bisnis minuman, mungkin anda perlu memperhaitkan hal apa saja yang harus anda lakukan sebelum memulai bisnis :

1.       Produk Yang Akan Dijual
Pertama tentukan terlebih dahulu produk apa yang akan anda jual nantinya. Jika anda memilih bisnis minuman, maka fokuskan Jenis Minuman apa yang akan anda jual, Nama Produk yang akan dijual dan Kemasan Produk. Jenis minuman yang dijual tentunya disesuaikan dengan target pembeli yang anda inginkan. Nama produk juga harus kreatif dan gunakan desain yang eye-catching sehingga menarik perhatian orang dan mudah diingat.
2.       Lokasi
Tentukan lokasi bisnis minuman yang akan anda lakukan. Sesuaikan dengan jenis minuman yang akan anda jual. Jika anda ingin menjual minuman bubble drink misalnya, cari lokasi yang dekat dengan sekolah karena umumnya remaja dan anak-anak menyukai minuman jenis tersebut. Jika anda ingin menjual minuman jus, cari lokasi yang mungkin dekat dengan kampus atau tempat makan. Jika anda ingin menjual minuman kopi, pilih lokasi yang dekat dengan kantor. Pilih lokasi yang tepat untuk usaha, sehingga usaha anda akan berjalan lancar.

3.       Rencana Keuangan (Modal)
Buat perencanaan yang matang saat akan memulai usaha. Hitung modal yang akan dibutuhkan untuk membeli alat seperti Juice Dispenser, Mesin Cup Sealer, Mesin Kopi, Mesin Ice Cream dan lain sebagainya. Hitung pula biaya operasional baik alat maupun bahan. Seperti cup, sedotan, plastik kemasan, dan bahan-bahan yang dibutuhkan.


Berikut contoh perencanaan modal untuk usaha kopi premium harga hemat :

Modal Awal
                                                               
Nama Perlengkapan
Jumlah
Harga
Gerobak
1
1.500.000
Mesin Penggiling Kopi
1
975.000
Freezer Es
1
650.000
Penyeduh Kopi
1
600.000
Cup Sealer
1
950.000
Total
4.675.000


Kebutuhan Operasional
Nama Perlengkapan
Jumlah
Harga
Cup
400
290.000
Sedotan
400
80.000
Es Batu
-
60.000
Biji Kopi @200.000/kg
5
1.000.000
Cup Sealer
1
950.000
Susu, Gula dan Creamer
-
350.000
Karyawan
1
650.000
Listrik dan Air
-
450.000
Total
3.830.000
Harga diatas hanyalah perkiraan untuk saat ini

4.   Promosi
Hal yang paling penting dari sebuah bisnis adalah promosi. Semakin sering anda melakukan promosi makan semakin besar peluang usaha anda menjadi besar dan dilirik oleh pengusaha lain yang mungkin akan tertarik untuk sekedar berinvestasi atau membuka franchise dari usaha yang anda punya. Baiknya lakukan promosi mulai dari kerabat dekat, janga lupa untuk aktif dalam media social agar bisnis anda mudah dikenal. Berikan banyak promosi demi menarik pelanggan.

Di awal memulai, mungkin bisnis anda akan mengalami kerugian, namun jangan menyerah. Tetap jalani usaha anda dengan tekun dan gigih. Alangkah lebih baik juga jika anda terjun langsung dalam bisnis anda. Tanpa ketekukan dan usaha yang gigih, mustahil bisnis anda akan berkembang. Yang harus anda ingat adalah, jangan menyerah dalam menjalankan bisnis!


-RAT-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar